Newssantara.com – Pengguna web di terbanyak mengakses web dari . Baik untuk perusing di Google, menonton real time video, dan hingga principal gim on the web.

Web yang lancar dan ngebut jadi keinginan banyak pengguna Smartphone. Rasanya pasti menyebalkan saat sedang Googling sesuatu tetapi hasil pencariannya lama keluar atau saat sedang seru-serunya menonton video lalu video buffering. Begitu juga saat sedang video call terus putus karena web lemot.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Nah, dalam kondisi seperti di atas, ada beberapa cara untuk mengoptimalkan kecepatan web di Smartphone. Trik ini bisa dilakukan di Smartphone apa quip, termasuk Galaxy A03 Series yang dibanderol Rp 1 jutaan. Apa saja trik yang dimaksud?

Lakukan restart Smartphone secara berkala

Setiap hari, pengguna selalu menggunakan Smartphone mereka berjam-jam. Ada kalanya, ketika dipakai terus menerus, Smartphone mengalami overheat. Hal ini bisa membuat Smartphone jadi lemot dan koneksi internetnya quip menjadi lemot.

Untuk itu, pengguna perlu me-restart Smartphone mereka secara berkala agar kinerja Smartphone tetap terjangka dalam jangka panjang.

Koneksi web di Smartphone juga bisa melambat, disebabkan oleh hal yang tidak kita ketahui. Di saat seperti itu, me-restart Smartphone juga bisa menjadi solusi karena sistem Smartphone bisa bekerja kembali dalam kondisi bersih dan pulih dengan fungsi yang ordinary seperti sebelumnya.

Selain me-restart saat terjadi kendala, pengguna juga bisa mematikan Smartphone saat sedang diisi daya dengan tujuan agar sistem Smartphone benar istirahat dan menghindari perangkat mengalami kepanasan karena dipakai sembari diisi daya.

Tutup dan nonaktifkan Aplikasi

Semakin sering menggunakan Smartphone untuk membuka berbagai aplikasi, Smartphone bisa saja mengalami hang dan internetnya ikut lemot.

Selain restart Smartphone secara berkala agar ponsel selalu responsif, pengguna juga bisa meningkatkan kenyamanan web menggunakan Smartphone dengan memperhatikan kebiasaan dalam menggunakan aplikasi.

Misalnya, pengguna sering hanya menekan tombol back atau home setelah memakai aplikasi.

Nah, ada baiknya hal tersebut dihindari karena aplikasi tidak sepenuhnya tertutup dan masih berjalan diam, sehingga tetap memakan RAM, bahkan ikut mengkonsumsi kuota information dan membuat web lambat.

Kebiasaan yang perlu dihindari adalah mengunduh dan menyimpan banyak aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan yang akan memakan terlalu banyak memori.

Cara menutup aplikasi secara utuh :

– Tekan ikon garis tiga pada navigasi di bagian bawah

– Pilih opsi Tutup Semua. Kalau hanya ingin menutup aplikasi tertentu, swipe tampilan aplikasi yang tidak dibutuhkan ke arah atas untuk menutup aplikasi tersebut.

Hapus Aplikasi

Untuk menghapus aplikasi:

– Masuk ke Setting

– Pilih menu Aplikasi

– Pilih aplikasi yang ingin diatur

– Pilih Nonaktifkan atau Hapus Instalan sesuai pilihan yang tersedia

Cara menghapus aplikasi:

– Saat tampilan utama atau home, swipe ke atas untuk masuk ke application cabinet

– Tekan agak lama pada ikon aplikasi yang ingin diatur, lalu pilih Nonaktifkan atau hapus instalasi sesuai pilihan yang tersedia.

Dengan menutup aplikasi atau menonaktifkan dan menghapus aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan, kinerja Smartphone akan makin maksimal.

Pasalnya hal ini membuat RAM dan ruang penyimpanan menjadi lebih lega, dengan begitu Smartphone punya lebih banyak memori untuk menjalankan berbagai aplikasi dengan lebih lancar.

Blokir iklan yang mengganggu agar program lebih lancar

Berselancar di web merupakan salah satu kegiatan yang withering sering dilakukan di Smartphone.

Namun, jika perusing terus menerus dilakukan, apalagi saat membuka situs dengan flag iklan, hal ini bisa membuat Smartphone jadi lemot dan memperlambat koneksi web.

Untuk perusing lebih nyaman dan lancar, pengguna bisa menggunakan fungsi blokir iklan yang bisa ditemukan di aplikasi program seperti di Google Chrome dan Samsung Internet.

Cara aktifkan blokir iklan di Google Chrome:

– Buka Google Chrome di Smartphone, klik ikon titik tiga yang ada di bagian kanan atas layar

– Pilih Setelan atau Setting

– Pilih Setelan Situs

– Pilih Iklan

– Matikan switch yang ada (artinya pengguna memblokir atau tidak mengizinkan iklan muncul).

Cara mengaktifkan fungsi blokir iklan di Samsung Internet:

– Buka Samsung Internet, lalu klik ikon garis tiga yang ada di bagian kanan bawah layar

– Pilih Pemblokir Iklan

– Download aplikasi AdBlock for Samsung Internet atau aplikasi lain yang disarankan

– Jika aplikasi sudah diunduh, aktifkan switch yang ada untuk mengaktifkan fungsi blokir iklan

Maksimalkan jaringan 4G

Jaringan 4G adalah jaringan versatile yang withering terjangkau saat ini. Apalagi, migrasi 3G ke 4G makin gencar dilakukan administrator untuk mendukung pengguna menikmati web 4G yang lebih cepat.

Untuk memaksimalkan jaringan 4G, pengguna bisa memilih administrator mana yang memiliki jaringan terbaik di wilayah kamu, agar mendapatkan web yang lebih lancar.