Newssantara.com – Libur Natal dan Tahun Baru, atau yang akrab disebut Nataru, adalah momen yang begitu dinanti oleh banyak orang. Suasana kegembiraan merayakan bersama keluarga dan sahabat, serta menjelajahi berbagai tempat, menciptakan kenangan tak terlupakan. Di Jawa Timur, ada beberapa yang ramai dikunjungi saat libur Nataru.

5 Daerah di Jawa Timur yang Paling Meriah Untuk Liburan Nataru:

Kota Batu

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Kota Batu, surganya di . Dari alam yang memesona, kuliner lezat, hingga tempat belanja yang menarik. Taman Safari , Jatim Park 1, 2, dan 3, Museum Angkut, serta Batu Night Spectacular adalah daya tarik utama. Kota Batu tak hanya memiliki keindahan alam seperti Gunung Panderman, , dan Songgoriti, tapi juga menyuguhkan keceriaan edukasi di Jatim Park dan Museum Angkut, serta kegembiraan malam di Batu Night Spectacular.

Malang

, kota yang tak kalah menarik. Dengan keindahan alam seperti Pantai Balekambang, Pantai Ngliyep, dan Pantai Sendangbiru, serta kekayaan sejarah di Candi Singosari dan Candi Jago, Malang menjadi magnet bagi para pelancong. Tak lupa, nikmati kelezatan kuliner seperti Bakso Malang, Rawon Malang, dan Sate Malang.

Surabaya

Surabaya, kota megah yang menawarkan berbagai daya tarik . Dari keanggunan Jembatan Suramadu, keasrian Taman Bungkul, hingga keajaiban sejarah di . Kota ini juga menjadi surganya kuliner dengan Lontong Balap, Pecel Lele, dan Rawon Surabaya. Serta destinasi belanja yang tak kalah menarik, seperti Tunjungan Plaza dan Pakuwon Mall.

Banyuwangi

Banyuwangi, kabupaten dengan potensi wisata melimpah. Kawah Ijen dan Taman Nasional Alas Purwo menyuguhkan keindahan alam yang memesona. Jangan lewatkan pantai-pantai eksotis seperti Pantai Boom dan pengetahuan sejarah di Museum Blambangan. Banyuwangi juga menyelenggarakan Festival Gandrung Sewu, memperkaya pengalaman wisatawan dengan kekayaan budaya.

Jember

Jember, kabupaten dengan pesona alam yang memesona. Pantai Papuma, Pantai Watu Ulo, dan Taman Nasional Meru Betiri mengundang untuk dijelajahi. Museum Jember membawa kita pada perjalanan sejarah yang menarik. Sementara kuliner seperti Rujak Soto dan Sate Klatak melengkapi kelezatan perjalanan di Jember.

Lima destinasi ini memang memikat hati para pelancong pada libur Nataru. Namun, jangan lupakan potensi wisata lain di Jatim, seperti Probolinggo, Trenggalek, Pacitan, Lamongan, dan sebagainya.

Agar perjalanan tak terganggu oleh kemacetan dan kerumunan, sebaiknya rencanakan dengan matang. Pastikan membawa perlengkapan cukup, seperti obat-obatan, makanan, dan minuman. Selamat menikmati liburan dan raih kenangan indah di setiap sudut Jawa Timur!