Newssantara.com merupakan pilihan yang tepat untuk disajikan di hari spesial karena merupakan sumber protein yang baik. Meskipun harganya cukup tinggi, terutama menjelang hari raya, dengan pengolahan yang tepat, sapi bisa menjadi hidangan istimewa untuk keluarga. Untuk memastikan tidak bingung saat memilih dan mengolahnya,

Berikut ini adalah 5 cara memilih Daging Sapi yang Berkualitas:

Periksa tekstur daging sapi:

Scroll Untuk Lanjut Membaca

baik memiliki tekstur kenyal namun padat. Cara memeriksanya adalah dengan menekan permukaan daging secara lembut. Jika daging cepat kembali ke bentuk semula setelah ditekan, maka daging tersebut berkualitas baik. Sebaliknya, jika daging tidak kembali ke bentuk awal, itu menandakan tekstur daging yang lunak karena sudah lama terpapar udara dan kualitasnya menurun.

Perhatikan warna daging:

Saat membeli, perhatikan warna daging sapi. Warna merah ceri menunjukkan bahwa daging sapi masih segar dan baru dipotong. Setelah terpapar oksigen, warna daging akan berubah menjadi merah keunguan, tetapi masih dianggap baik. Hindari daging yang berwarna kecoklatan karena kemungkinan sudah tidak segar.

Tentukan jenis masakan dan bagian sapi yang akan diolah:

Setiap potongan daging sapi memiliki tekstur yang berbeda. Sebelum membeli, tentukan terlebih dahulu jenis masakan yang akan dibuat agar bisa memilih bagian sapi yang tepat. Misalnya, untuk sup, semur, atau daging panggang, pilih bagian iga sapi. Untuk sate atau steak, pilih bagian has dalam yang memiliki tekstur lembut dan cepat matang. Untuk rendang, pilih bagian sengkel yang memiliki tekstur kenyal dan cocok untuk dimasak lama dengan api kecil.

Cium aroma daging sapi:

Cium aroma daging sapi untuk menentukan kesegarannya. Daging sapi segar seharusnya memiliki aroma khas yang tidak menyengat. Aroma ini biasanya dapat terhilang saat menggunakan jeruk nipis, jahe, dan bumbu aromatik lainnya. Hindari daging yang memiliki aroma amis atau anyir yang sangat tajam, karena itu menandakan kualitas daging yang rendah. Aroma amis dan anyir sulit hilang meskipun menggunakan bumbu aromatik.

Perhatikan kebersihan tempat penjual:

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan kebersihan tempat dan penjual daging. Jika membeli di supermarket, pastikan pemotong daging menggunakan masker dan sarung tangan. Periksa juga tanggal pemotongan daging. Jika membeli di pasar, pastikan penjual daging menggunakan masker, meskipun tidak semua penjual menggunakan sarung tangan. Perhatikan juga apakah tempat penjualan tidak dikerumuni lalat atau hewan lainnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Ibu dapat yang baik untuk hidangan spesial keluarga.