Home / Tekno / Berita / Nasional

Selasa, 28 Juni 2022 - 21:43 WIB

3 Tips Bijak Dalam Berjejaring Sosial

Newssantara.com – Jejaring sosial adalah bagian terdekat dari kehidupan sehari -hari. Jejaring sosial adalah sarana untuk mengekspresikan ekspresi kreatif dan berbagi informasi.

Sayangnya, penyebaran informasi yang tepat sering kali tidak berfungsi tanpa masalah karena banyak informasi yang salah di jejaring sosial.

Kementerian Komunikasi dan Informasi pada tahun 2021 mengatakan bahwa 1.773 masalah Hoaks ditemukan di beberapa platform media sosial Indonesia sepanjang tahun 2021. Karena alasan ini, literasi digital masih harus ditingkatkan.

Helo dan Mafind sejak 2021 berkolaborasi untuk meningkatkan literasi digital, termasuk pendidikan sehingga warga digital lebih bijaksana di jejaring sosial.

Di sini ada saran dari Helo dan Mafind sehingga orang Indonesia bisa lebih bijaksana Dalam Berjejaring Sosial:

Ikuti akun yang kredibel untuk memverifikasi fakta

Jumlah informasi yang beredar di jejaring sosial yang dibagikan secara real time kadang -kadang membuat pengguna bingung apakah informasi itu fakta dan dapat dibagikan dengan pengguna lain.

Untuk alasan ini, pengguna didorong untuk berhati -hati ketika menyebarkan informasi, terutama jika informasi tersebut tidak berasal dari sumber yang kredibel dan tepat.

Baca Juga :  Cara Menjadi Konten Kreator Youtube

Untuk alasan ini, Mafindo berbagi tips untuk berurusan dengan berita yang kebenarannya masih harus ditentukan.

Spesialis co – founder dan verifikasi fakta, Mafindo Aribowo Sasmito, mengatakan bahwa menghindari dan menghadapi sirkulasi Hoaks dapat dilakukan dengan cara yang sederhana.

“Mulai membaca berita secara menyeluruh, mencari sumber berita dan menahan diri dari menyebarkan berita yang diragukan dan memeriksa manfaat menyebarkan informasi kepada orang lain,”.

kata Aribowo Sasmito

Cara lain untuk memastikan bahwa akun yang kami ikuti untuk mendapatkan informasi adalah akun yang kredibel atau resmi. Misalnya, akun media yang telah menerima cek biru di platform media sosial.

Ini juga bisa berupa akun resmi pemerintah dan organisasi. Di mana, akun -akun ini akan berguna ketika kita ingin memverifikasi fakta atau memverifikasi kebenaran informasi yang beredar, sebelum dibagikan kepada orang lain.

Ikuti diskusi yang sesuai dengan minat dan pengalaman Anda

Untuk memperkaya pengetahuan, pengguna dapat menghadiri diskusi dengan orang -orang dengan minat yang sama.

Baca Juga :  5 Wisata Lamongan yang Indah dan Asri

Dalam memperoleh pendapat dari beberapa sisi, membatu kita melihat topik dari perspektif yang lebih luas dan menyebabkan lebih banyak minat pada topik -topik tertentu.

Ini dapat dilakukan dengan melihat topik yang ada dalam tren. Cenderung topik memungkinkan pengguna jejaring sosial untuk mengetahui topik hangat apa yang sedang dibahas dan dibahas.

Nah, diskusi dengan orang lain juga memungkinkan pengguna untuk memastikan bahwa informasi atau pendapat bersama tetap positif dan dipahami.

Tambahkan informasi yang tepat dan bagikan konten positif

Untuk mengurangi nomor informasi yang salah, pengguna dapat berbagi konten yang dianggap berguna, misalnya, informasi tentang kemacetan atau kondisi jalan. Ini juga bisa menjadi informasi tentang acara khusus yang terjadi di sekitar kita.

Namun, sebelum berbagi apa pun di jejaring sosial, pertama -tama pastikan keakuratan informasi sebelum menekan tombol publikasi.

Share :

Baca Juga

Kosa Kata Warna Bahasa Arab dan Inggris

Berita

Kosa Kata Warna Bahasa Arab dan Inggris

Berita

Jokowi Minta ASEAN Tangani Masalah Muslim Rohingya di Rakhine State
4 Tips Atasi Internet Lemot di Smartphone

Tekno

4 Tips Atasi Internet Lemot di Smartphone
Lirik Andai Ku Tahu - Ungu

Lirik

Lirik Andai Ku Tahu – Ungu
Lirik Lagu Jihan Audy - Meneketehe

Lirik

Lirik Lagu Jihan Audy – Meneketehe
ITB Tuban Menggelar Kegiatan Public Lecture Perdana

Berita

ITB Tuban Menggelar Kegiatan Public Lecture Perdana
014 Adalah Kode Transfer Bank BCA

Nasional

014 Adalah Kode Transfer Bank BCA
Lirik Mamas (Mati Masuk Surga) - Wali Band

Lirik

Lirik Mamas (Mati Masuk Surga) – Wali Band