Newssantara.com – Sudahkah Anda menyiapkan segala sesuatunya menjelang 2023? Mungkin pakaian baru dan perlengkapan salat juga sudah dipersiapkan ya? Hehe.

Di samping itu, sebagai umat Islam yang merayakan lebaran, biasanya kita saling mengucapkan selamat menyambut hari raya satu sama lainnya. Ternyata, dalam syariat Islam, kegiatan saling memberikan ucapan dan selamat di hari raya Idul Fitri atau dianjurkan loh!

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Menurut Al-Quran dalam Ensiklopedi Adab Islam, memberikan ucapan dan salam di hari raya dapat memberikan rasa bahagia dan kegembiraan di hati. Meskipun tidak ada ucapan khusus yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam, kita seharusnya mendoakan keselamatan dan keberkahan bagi sesama umat muslim serta mengucapkan selamat atas pencapaian selama sebulan penuh sebelumnya.

Berikut 12 Ucapan Hari Raya Idul Fitri 2023 Bahasa Arab dan Terjemah

  1. تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ صِيَامَنَا وَقِيَامَنَا، وَكُلَّ عَامٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ.
    (Taqabbalallahu minna wa minkum, siyamana wa qiyamana, wa kulla ‘amin wa antum bi-khayr.) Artinya: Semoga Allah menerima puasa dan shalat kita, dan semoga kalian baik-baik saja setiap tahunnya.
  2. كُلُّ عَامٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ وَعَافِيَةٍ.
    (Kullu ‘amin wa antum bi-khayr wa ‘afiyyah.) Artinya: Semoga kalian baik-baik saja dan sehat selalu setiap tahunnya.
  3. تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ صَالِحَ الأَعْمَالِ، وَكُلَّ عَامٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ.
    (Taqabbalallahu minna wa minkum, saliha al-a'mal, wa kulla ‘amin wa antum bi-khayr.) Artinya: Semoga Allah menerima amalan saleh kita dan semoga kalian baik-baik saja setiap tahunnya.
  4. تَهَنَّئُكُمْ بِحُلُولِ عِيدِ الفِطْرِ، تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ صِيَامَنَا وَقِيَامَنَا، وَعَيْدُكُمْ مُبَارَكٌ.
    (Tahannā'ukum bi-hulūlī ‘Īdi al-Fiṭr, taqabbalallahu minna wa minkum, siyamana wa qiyamana, wa ‘īdukum mubārak.) Artinya: Selamat hari raya Idul Fitri, semoga Allah menerima puasa dan shalat kita dan hari raya kalian diberkahi.
  5. كُلُّ عَامٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ، تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ صِيَامَنَا وَقِيَامَنَا.
    (Kullu ‘amin wa antum bi-khayr, taqabbalallahu minna wa minkum, siyamana wa qiyamana.) Artinya: Semoga kalian baik-baik saja setiap tahunnya dan semoga Allah menerima puasa dan shalat kita.
  6. عيد فطر سعيد، كل عام وأنتم بخير
    “ʿīd fuṭr saʿīd, kulla ʿāmin wa-antum bi-khayr” Artinya: Selamat Idul Fitri, semoga setiap tahun kalian sehat dan sejahtera.
  7. تقبل الله منا ومنكم صالح الأعمال
    “taqabbal Allāh minnā wa-minkum ṣāliḥ al-aʿmāl” Artinya: Semoga Allah menerima amalan-amalan kita yang baik.
  8. عساكم من عواده، وكل عام وأنتم بخير
    “ʿasākum min ʿawādih, wa-kulla ʿāmin wa-antum bi-khayr” Artinya: Semoga kalian selalu berada dalam kebahagiaan, dan semoga setiap tahun kalian sehat dan sejahtera.
  9. أعاده الله علينا وعليكم بالخير واليمن والبركات
    “aʿādah Allāh ʿalaynā wa-ʿalaykum bi-l-khayr wa-l-yaman wa-l-barakāt” Artinya: Semoga Allah memberikan kesempatan kepada kita untuk merayakan Idul Fitri dengan kebaikan, kemakmuran, dan berkah.
  10. بمناسبة حلول عيد الفطر السعيد، نتمنى لكم الخير والسلام والبركات
    “bi-manāsibah ḥulūl ʿīd al-fuṭr al-saʿīd, nattamannā lakum al-khayr wa-l-salām wa-l-barakāt” Artinya: Dalam rangka menyambut Idul Fitri yang bahagia, kami mengucapkan selamat dan semoga kalian diberkati dengan kebaikan dan kedamaian.
  11. كل عام وأنتم بخير وعيد فطر سعيد
    “kulla ʿāmin wa-antum bi-khayr wa-ʿīd fuṭr saʿīd” Artinya: Semoga kalian sehat dan sejahtera setiap tahunnya, dan selamat merayakan Idul Fitri.
  12. تهانينا بمناسبة حلول عيد الفطر السعيد
    “tahānīnā bi-manāsibah ḥulūl ʿīd al-fuṭr al-saʿīd” Artinya: Selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri.