Newssantara.com – Pemilihan yang sesuai dengan perkembangan era digital dapat menjadi pilihan yang tepat untuk melanjutkan pendidikan. Tidak hanya jurusan Teknik, tetapi juga jurusan lainnya memiliki permintaan yang tinggi di saat ini.

Di era menuju Society 5.0, perusahaan membutuhkan tenaga terampil dari lulusan jurusan kuliah yang dapat mengikuti pesatnya perkembangan teknologi.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Jurusan kuliah yang sesuai dengan perkembangan era digital dan memiliki peluang karier yang luas di masa depan nanti.

Berikut 10 Jurusan Kuliah Selaras Dengan Revolusi Industri 4.0 menuju Society 5.0 :

Jurusan Teknik Informatika:

Jurusan ini menawarkan peluang karier yang menjanjikan di era digital. Mahasiswa jurusan ini mempelajari dunia IT, termasuk pemrograman, pengembangan perangkat lunak, dan teknologi jaringan komputer. Beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan lulusan antara lain programmer, pengembang perangkat lunak, desainer web, analis sistem, konsultan IT, insinyur perangkat lunak, insinyur database, eksekutif IT, administrator jaringan, dan lain-lain.

Jurusan Cyber Security:

Jurusan ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang perlindungan keamanan digital. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai Computer Forensics Analyst dan Big Data Architect. Di era digital yang rentan terhadap tindakan kriminal, perlindungan data yang penting bagi perusahaan membuat lulusan jurusan ini sangat dicari. Beberapa kampus yang menawarkan jurusan ini antara lain ITB, BINUS University, Politeknik Siber dan Sandi Negara, Universitas Surabaya, dan Politeknik Negeri Batam.

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV):

Jurusan DKV merupakan bagian dari ilmu seni yang fokus pada elemen visual untuk menyampaikan pesan. Lulusan DKV memiliki keahlian dalam menggunakan perangkat lunak desain di perangkat digital, seperti Photoshop, Illustrator, Corel Draw, SketchUp, dan InDesign. Keahlian ini dibutuhkan dalam berbagai industri, seperti desainer, animator, desainer web, dan lain-lain. Beberapa kampus yang menawarkan jurusan ini antara lain Universitas Tarumanagara, BINUS University, dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Jurusan Farmasi:

Jurusan Farmasi mempelajari seluk-beluk tentang obat-obatan dan menghasilkan lulusan yang dapat bekerja di perusahaan farmasi, rumah sakit, apotek, atau sebagai dosen. Lulusan jurusan Farmasi memiliki keahlian yang sulit digantikan oleh robot, sehingga peluang karier di bidang ini masih luas. Beberapa universitas dengan jurusan Farmasi yang terakreditasi Unggul BAN PT antara lain Unsyiah, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Brawijaya, Unair, USU, Unhas, Universitas Udayana, dan Unpad.

Jurusan Matematika dan Statistika:

Jurusan Matematika dan Statistika terbilang potensial di era digital saat ini. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai data analyst, data scientist, system analyst, market researcher, dan lain-lain. Mereka memiliki pengetahuan dalam pengumpulan, analisis, dan penyajian data. Beberapa universitas dengan jurusan Matematika dan Statistika yang terakreditasi Unggul BAN PT antara lain Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Muhammadiyah , Universitas Andalas, Universitas Syiah Kuala, dan lain-lain.

Jurusan Bisnis Digital:

Jurusan ini mempelajari bisnis dan teknologi digital, seperti pengembangan web, analisis data, pemasaran digital, manajemen , dan lain-lain. Dalam era usaha online dan transaksi online yang semakin berkembang, lulusan jurusan ini dibutuhkan dalam berbagai bidang. Beberapa kampus yang menawarkan jurusan Bisnis Digital antara lain Unpad, UNJ, ITS, Universitas Prasetiya Mulya, BINUS University, Universitas Multimedia , dan lain-lain.

Jurusan Teknik Industri:

Jurusan ini mempelajari bagaimana memaksimalkan peran manusia di industri. Mahasiswa jurusan ini belajar tentang manajemen industri, pengoperasian alat-alat, dan menciptakan ide untuk industri baru. Lulusan Teknik Industri dapat bekerja sebagai Product Manager, Data Scientist, Market Researcher, dan lain-lain. Beberapa universitas dengan jurusan Teknik Industri yang terakreditasi Unggul BAN PT antara lain UGM, UPN Veteran Jakarta, UII, Telkom University, UIN Sunan Kalijaga, dan lain-lain.

Jurusan Sistem Informasi:

Jurusan ini mempelajari sistem kerja perangkat lunak, perangkat keras, dan data. Sama seperti Teknik Informatika, jurusan ini tersedia di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta. Beberapa kampus yang menawarkan jurusan ini antara lain Universitas Brawijaya, Universitas Negeri , Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Airlangga, dan Universitas Multimedia Nusantara.

Jurusan Teknik Arsitektur:

Jurusan ini berfokus pada kebutuhan tempat tinggal. Mahasiswa jurusan ini belajar merancang bangunan melalui gambar, yang masih sulit dilakukan oleh komputer. Jurusan ini menawarkan peluang karier dalam bidang arsitektur dan teknik sipil. Beberapa kampus dengan jurusan Teknik Arsitektur yang terakreditasi Unggul BAN PT antara lain Universitas Komputer , Universitas Pendidikan Indonesia, UGM, Universitas Udayana, Universitas Katolik Soegijapranata, dan lain-lain

Jurusan Ilmu Komunikasi:

Jurusan ini tidak hanya mengajarkan keterampilan berbicara di depan umum, tetapi juga membuat pesan dan menyampaikannya dengan efektif. Lulusan jurusan ini memiliki peluang karier sebagai wartawan, filmmaker, account officer, humas, copywriter, penyiar radio, dan berkarier di bidang event organizer. Beberapa kampus yang menawarkan jurusan Ilmu Komunikasi antara lain Undip, Unhas, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, dan lain-lain.

Pemilihan jurusan kuliah yang sesuai dengan perkembangan era digital memberikan peluang karier yang luas di masa depan. Berbagai jurusan yang disebutkan di atas mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan di era digital, baik melalui pemahaman teknologi, desain, keamanan, analisis data, manajemen bisnis, hingga komunikasi yang efektif.